Tips Presentasi Bahasa Inggris Agar Sukses

presentasi bahasa inggris

PRESENTASI BAHASA INGGRIS

Saat ini bahasa Inggris dianggap sebagai bahasa internasional yang wajib dikuasai oleh setiap orang, disamping bahasa nasional setiap negara. Bahasa Inggris dijadikan sebagai bahasa internasional karena merupakan salah satu bahasa tertua yang ada di dunia, kemudian kosa kata bahasa ini juga mengalami perkembangan pesat. Wajar saja apabila bahasa Inggris wajib dikuasai, baik dalam lingkup pendidikan, bisnis, maupun sekedar aktivitas sehari-hari. Kita sering menjumpai sebuah presentasi yang dilakukan dengan menggunakan bahasa Inggris, baik di sekolah, universitas, maupun kantor. Namun sayangnya masih banyak orang yang belum mampu berbicara bahasa Inggris di depan umum dengan percaya diri. Kebanyakan orang masih merasa bingung harus berbicara apa untuk melakukan presentasi dengan bahasa Inggrs secara baik. Berikut ini merupakan beberapa tips presentasi menggunakan bahasa Inggris yang bisa dilakukan.
  1. Membuat pembukaan yang menarik

Hal pertama yang harus Anda lakukan dalam presentasi berbahasa Inggrisialah dengan cara memberikan sapaan maupun ucapan salam terima kasih kepada pihak-pihak yang telah hadir dalam acara tersebut.

Anda bisa mengucapkan beberapa kata sapaan seperti Good morning/afternoon/evening, Assalamu’alaikum Wr. Wb, atau Thank you for coming to/I am glad to see you all.

Anda harus bisa membuat pembukaan yang menarik agar audiens bisa tertarik untuk mendengar lebih lanjut pembicaraan Anda.

Coba manfaatkan waktu sepuluh menit pertama sebaik mungkin agar bisa merebut perhatian audiens. Pembukaan akan menjadi momentum penting dari keseluruhan presentasi.

Kalimat pembuka sebuah presentasi memang bisa bermacam-macam, sehingga Anda bisa langsung menyapa audiens dengan cara memperkenalkan diri atau kelompok, misalnya “Let me introduce myself.

My name is Cecil. Iam from Surabaya” atau “Let me introduce myself and my partner. I am Cecil and my partner is Denies. We are from Surabaya”.

Anda juga bisa mengajukan pertanyaan kepada audiens terlebih dahulu, memakai cerita pengantar, atau sekedar mengutip kata-kata motivasi.

  1. Menyampaikan pesan yang detail dan menyenangkan

Tahap ini merupakan tahap paling penting, di mana Anda harus menyajikan topik pembicaraan yang mendetail namun tetap efisien.

Pilih lah mana topik yang harus disampaikan, mana topik yang tidak perlu disampaikan kepada audiens. Jangan sampai Anda malah menyampaikan topik dengan panjang lebar, namun informasi yang disampaikan malah tidak padat dan berisi.

Anda juga harus bisa menghitung waktu sebaik mungkin. Jangan sampai terlalu banyak membuang waktu, akhirnya seluruh materi yang ingin disampaikan tidak bisa dibicarakan semua.

Setelah selesai menyampaikan topik utama pembicaraan, Anda bisa bertanya kepada audiens apakah ada sesuatu hal yang ingin mereka tanyakan. Contoh, “Any question?” atau “Anybody would like to ask?”.

  1. Menutup dengan berkesan

Tidak berbeda jauh dengan pembukaan, penutup juga penting diperhatikan. Penutup presentasi yang baik ialah penutup yang berkesan di mata audiens.

Anda harus bisa meninggalkan sesuatu yang memang bisa melekat di dalam pikiran mereka. Setelah bertanya kepada mereka mengenai hal-hal yang ingin disampaikan, Anda bisa membuat kesimpulan dari seluruh materi yang telah Anda sampaikan.

Misalnya, “In summary…” atau “In conclusion…”. Kemudian berikan kalimat penutup yang disertai dengan ucapan terima kasih kepada audiens, seperti “Thank you for your attention”, “Thank you very much for your great attention, ladies and gentlemen.”, dan masih banyak lainnya.

Beberapa tips presentasi menggunakan bahasa Inggris di atas bisa Anda terapkan. Yang paling penting, Anda harus bisa percaya diri untuk berbicara di depan umum. Tidak perlu berbicara dengan sempurna, namun usahakan audiens bisa memahami apa yang Anda bicarakan. Read more

Percakapan Bahasa Inggris di Hotel yang Harus Dipelajari

percakapan bahasa inggris di hotel

Percakapan Bahasa Inggris di Hotel

Kebanyakan karyawan hotel pasti bisa berbahasa asing, terutama bahasa Inggris. Percakapan Bahasa Inggris di hotel memang harus dikuasai oleh sebagian besar karyawan hotel, terutama karyawan yang akan berhadapan dengan tamu turis asing. Biasanya tidak semua turis asing bisa berbicara dalam bahasa lokal setempat, sehingga mereka akan menggunakan bahasa Inggris yang merupakan bahasa internasional. Saat Anda melamar pekerjaan di sebuah hotel, sebaiknya kuasai bahasa Inggris dasar yang merupakan syarat mutlak untuk diterima. Sebaliknya jika Anda merupakan pelanggan hotel, paling tidak Anda harus bisa berbicara bahasa Inggris dasar untuk melakukan check in, check out, maupun membatalkan reservasi. Apalagi jika hotel yang Anda kunjungi merupakan hotel yang ada di luar negeri. Tidak lucu kan jika Anda malah menggunakan bahasa lokal? Memang tidak ada salahnya apabila kita mempelajari percakapan-percakapan yang berkaitan dengan aktivitas di hotel agar lebih fasih berbicara. Terkadang walaupun kita sudah paham apa saja yang akan dibicarakan, bisa saja kita malah lupa ingin berbicara apa karena belum terbiasa atau grogi. Paling tidak kita harus bisa mengucapkan beberapa frase penting di dalam percakapan tersebut agar bisa bertransaksi di setiap hotel yang ada di luar negeri dengan mudah.

contoh percakapan bahasa Inggris di hotel yang bisa dipelajari :

Receptionist hotel : Good morning, what can I for you? Cecil: Good evening, I want to book a room for one night for two people. Receptionist hotel : Okay. Wait a minute. I’ll check the room availability. Cecil: Ok. Receptionist hotel : The room 39 is available. There are two beds and it faces to the north where you can see the beach. Cecil: Well, that’s a nice room I think. The price must be more expensive. Receptionist hotel : Yes, that’s right. You have to pay the extra cost as much as 40 dollars. Cecil: Is there any cheaper room? Receptionist hotel : Wait a minute, I’ll check it back on this computer. Cecil: Ok. Receptionist hotel : Room 125 is available. If you book this room, you do not need to pay an additional bill of 40 dollars. This room overlooks to the south where you can see the city. Cecil: Okay. I want to book that room for one night. Receptionist hotel : Can you fill this form first? Cecil: Ok. Receptionist hotel : Thank you. Do you want to pay cash or use a debit card or credit card? Cecil: I want to use a debit card Receptionist hotel : Ok. Cecil: Have all the requirements been completed? Receptionist hotel : Yes they have. This is the key and you can use the room right now. Our staff hotel will accompany you to the room 234. Cecil: Thank you. Receptionist hotel : You’re welcome. Itu tadi contoh percakapan bahasa Inggris di hotel secara umum. Biasanya ada beberapa istilah umum yang sering digunakan dalam percakapan di hotel, seperti ‘book’, ‘suite’, atau ‘reservation’. Umumnya, saat melakukan percakapan di hotel Anda biasanya akan berbicara tentang pemesanan kamar, fasilitas kamar, harga kamar, hingga metode pembayaran yang akan digunakan. Anda bisa mempelajari percakapan tersebut terlebih dahulu apabila merasa belum bisa lancar. Jangan ragu untuk membuka kamus atau Google Translate apabila ada kata-kata yang dirasa tidak Anda ketahui artinya. Untuk mempelajari dan memperdalam percakapan bahasa inggris anda bisa menghubungi di net-indonesia.com Read more

5 Cara Mudah Bernegosiasi dalam Bahasa Inggris

bernegosiasi dalam bahasa inggris
Kemampuan bernegosiasi dalam bahasa Inggris memang begitu penting dimiliki setiap individu. Bernegosiasi memang akan sering kita lakukan, mulai dari bernegosiasi dengan teman, keluarga, hingga rekan bisnis. Zaman yang semakin maju tentu akan menuntut setiap individu untuk bisa bernegosiasi dengan menggunakan bahasa Inggris yang merupakan bahasa resmi internasional. Bayangkan saja, apabila Anda mendapatkan klien asing namun tidak fasih berbahasa Inggris, tentu Anda tidak akan pernah bisa meyakinkan klien tersebut bukan? Bahkan memulai pembicaraan juga mungkin tidak bisa. Jangan sampai hal memalukan seperti ini terjadi pada Anda. Agar Anda bisa bernegosiasi dalam bahasa Inggris dengan baik, Anda bisa melakukan beberapa cara berikut ini yang dapat membantu.

Berpikiran jernih dan positif

conflictos0907-1000 Mungkin Anda akan berpikir, langkah pertama yang harus Anda lakukan ialah dengan banyak-banyak belajar bahasa asing tersebut. Apabila besok pagi Anda harus bertemu klien tersebut, maka semalaman penuh Anda harus begadang supaya bisa lancar berbicara bahasa Inggris. Cara ini sebenarnya salah. Hal pertama yang harus Anda lakukan ialah tetap berpikiran jernih dan positif agar hasilnya bisa produktif.

Memakai kalimat efektif untuk bertanya

impartial_cosmetic_treatment_advice Kalimat tanya yang efektif begitu penting karena bisa membentuk kerangka kesuksesan dalam bernegosiasi. Sehingga kedua pihak dapat mengukur kesungguhan masing-masing, apakah mereka serius atau tidak. Coba ajukan pertanyaan yang sifatnya terbuka di awal negosiasi supaya bisa saling memberikan kesempatan bagi kedua belah pihak untuk mengumpulkan informasi. Berhati-hati dalam membuat kalimat bahasa Inggris, jangan sampai malah terkesan tidak enak didengar.

Menunjukkan sifat rendah hati

1 Saat bernegosiasi, sebaiknya Anda bisa menunjukkan sikap rendah hati kepada lawan bicara. Jangan malah sebaliknya karena hal ini malah bisa membuat mereka menjadi kesal. Negosiasi merupakan komunikasi duar arah, sehingga sebisa mungkin hindari situasi di mana setiap pihak merasa benar, kemudian menyalahkan lawan berbicaranya. Tunjukkan lah sikap rendah hati dan rasa hormat kepada orang yang sedang Anda ajak bernegosiasi. Selain itu, jangan sesekali berpura-pura mengetahui segala hal yang sedang dibicarkan oleh lawan bicara Anda. Biarkan mereka sendiri yang mengendalikan beberapa isu. Cobalah untuk menjadi pendengar yang baik jika ingin dihargai.

Bersikap bijak terhadap lawan negosiasi

workconflicts Selalu ada kemungkinan Anda akan menjumpai lawan negosiasi yang melakukan apa saja untuk memenangkan negosiasi tersebut, misalnya saja mereka melakukan cara-cara yang tidak beretika. Untuk mengatasi sikap seperti ini, Anda bisa menerapkan sikap yang bijaksana dan lebih baik. Tidak perlu emosi, namun hadapi mereka dengan bijaksana dan tegas.

Memperbaiki situasi tegang karena tersinggung

conflict_image_1 Mungkin dalam bernegosiasi Anda akan menemukan beberapa kalimat yang tidak enak didengar atau menyinggung. Bisa Anda yang melakukan atau lawan berbicara Anda yang melakukan. Jika hal seperti sudah terjadi, apa yang harus Anda lakukan? Anda harus memperbaiki situasi tersebut. Salah satu cara dengan memberikan pernyataan ke arah yang lebih positif.

Memperbaiki situasi yang sudah memburuk

bully Puncaknya mungkin Anda akan menemukan kondisi di mana situasi bernegosiasi sudah memburuk. Bisa terjadi karena kebencian, kemarahan, atau rasa enggan untuk mendengarkan. Agar bisa kembali ke percakapan yang positif dan produktif, Anda bisa mengakui kesalahan dan menujukkan bahwa Anda masih berniat untuk bernegosiasi. Hal ini bisa memperbaiki situasi tidak menyenangkan seperti itu. Beberapa cara mudah bernegosiasi dalam bahasa Inggris di atas bisa Anda terapkan saat bernegosiasi dengan klien. Intinya, jangan pernah menyerah terlebih dahulu sebelum mencoba, terlebih dalam berbicara bahasa Inggris. Read more

Pelatihan Bahasa inggris untuk Karyawan di Jakarta

pelatihan bahasa inggris
Pelatihan  bahasa inggris untuk karyawan di Nwest Academy. Bahasa inggris sebagai bahasa internasional saat ini memegang peranan penting dalam dunia bisnis. Banyak perusahaan yang memasukkan kemampuan berbahasa inggris sebagai salah satu kompetensi yang harus dikuasai. Lalu bagaimana dengan karyawan yang sudah bekerja di sebuah perusahaan? Mereka bisa mulai belajar bahasa inggris dengan mengikuti pelatihan yang memang khusus ditujukan untuk karyawan. Biasanya hal ini mendapatkan support dari pihak perusahaan karena dengan bertambahnya skill bahasa inggris maka perusahaan pun akan mendapatkan keuntungan. Bentuk dukungan bisa dengan memberikan tempat dan waktu untuk pelatihan di perusahaan dan memanggilkan seorang mentor yang bisa mengajar serta dengan memberikan posisi yang lebih baik dan gaji yang lebih tinggi setelah berhasil menguasai bahasa inggris. Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dengan mengikuti pelatihan bahasa inggris untuk karyawan diantaranya adalah meningkatnya value. Jika sebelumnya tanpa menguasai bahasa inggris seorang karyawan sudah memiliki kualitas dan profesionalitas dalam bekerja, maka mempelajari bahasa inggris bisa membuat value karyawan tersebut naik di mata pimpinannya.
pelatihan bahasa inggris untuk karyawan

Disukai pimpinan via : http://www.google.co.id

Khususnya untuk beberapa posisi tertentu seperti sekretaris atau public relations, menguasai bahasa inggris dapat mempermudah pekerjaan mengingat mereka seringkali melakukan komunikasi. Dengan bahasa inggris, tidak hanya klien atau partner dalam negeri saja, namun perusahaan juga bisa mendapatkan partner dari luar negeri melalui karyawannya sebagai perwakilan dalam bernegosiasi atau memberikan presentasi. Skill bahasa inggris bisa membuat seorang karyawan memiliki posisi tersendiri di hati pimpinan. Dengan demikian, posisi pekerjaan yang lebih baik sangat mungkin didapatkan. Jadi tidak heran jika banyak yang tertarik mengikuti pelatihan bahasa inggris untuk karyawan karena banyak keuntungan yang didapatkan. Beberapa perusahaan bahkan menjadikan skill tersebut wajib sehingga mau tidak mau para karyawan pun harus mengikuti pelatihan agar tetap bisa berada di posisi yang sama. Tujuan dari perusahaan dengan mewajibkan skill bahasa inggris salah satunya adalah agar sumber daya manusia meningkat sehingga usaha atau bisnis yang digeluti bisa berkembang dengan baik. Mengikuti pelatihan bahasa inggris untuk karyawan juga bisa memberikan peluang masa depan yang lebih cerah. Jika nanti seorang karyawan mengundurkan diri untuk mencari pekerjaan yang lebih baik, maka dia memiliki kesempatan untuk bekerja di luar negeri dengan skill yang dimilikinya.
bekerja di luar negeri

bekerja di luar negeri ? via http://google.co.id

Bekerja di luar negeri dan menetap disana memerlukan kemampuan bahasa inggris yang baik. Dengan dilengkapi pengalaman yang dimiliki karyawan saat masih bekerja di Indonesia, bukan tidak mungkin pekerjaan yang lebih baik bisa didapatkan. Membuka koneksi serta memperluas pergaulan merupakan manfaat lain belajar bahasa inggris. Seorang karyawan memiliki peluang berkenalan dengan partner bisnis dari berbagai dunia lainnya dan hal ini bisa dijadikan sebagai pengalaman yang menyenangkan. Jadi memang sangat diperlukan belajar bahasa inggris untuk karyawan karena tujuan pembelajaran kali ini lebih jelas dan tertata, bukan hanya sekedar untuk lulus ujian seperti saat di masa sekolah. Umumnya bahasa inggris untuk karyawan dipelajari dengan berfokus pada bidang ilmu pengetahuan tertentu misalnya ekonomi atau bisnis. Banyak kosakata yang perlu dipelajari serta cara pengucapannya yang benar agar saat berbicara tidak ada kesalahan yang dapat menimbulkan sikap tidak professional. Jadi masih ragu mengikuti kursus bahasa inggris untuk karyawan? Dengan segudang manfaat, tentunya kursus sebentar tidak akan jadi masalah selama keuntungannya bisa dinikmati jangka panjang. Pilihan program  untuk Anda:   Read more